Selasa, 21 Mei 2013

Tips sederhana agar Merpati Giring Keras

Tips sederhana agar Merpati Giring Keras

Tip sederhana agar Merpati Giring Keras
saya tulis karena banyaknya pertanyaan dari teman2 pemula karena banyak merpati dari teman2 ini yang giring atau ngeketnya kurang keras.

Agar merpati bisa giring keras harus terpenuhi syarat syarat sbb:

- Kedua Merpati yang dijodohkan harus sudah dewasa dan sehat.
- Betina cocok/ disukai sama jantan, lenjeh dan bertelur tepat waktu.
- Merpati Jantan harus punya karakter/ sifat giring yg bagus (ngeket).

Setelah syarat2 ini terpenuhi baru dilkukan perawatan yang tepat agar merpati giring keras :

Asupan tambahan.
Disamping pakan harian rutin jagung dan beras merah untuk menigkatkan kesehatan dan meningkatkan nafsu birahi masih perlu diberi asupan tambahan yg banyak mengandung protein macam kacang2an : kacang tanah, kacang hijau atu kedelai. Dan makanan organic seperti Grid.

Vitamin.
Tambahan vitamin B Komplex sesekali diperlukan agar burung tetap fit , dan vitamin A mata tetap tajam, Vitamin D dan Vitamin E agar bulu dan kulit merpati tetap sehat.

Jamu
Tambahan rimpang untuk jamu juga baik untuk merpati, tambahan kencur sebesar biji kacang diberikan saat malam hari menjelang burung diulatih diyakini juga bisa menambah merpati jadi giring keras.

Mandi.
Merpati seminggu sekali perlu dibersihkan pakai sampo agar kutu atau kotoran lain hilang , hingga bulu tetap bersih & badan tetap sehat.

Jemur.
Setelah dimandikan merpati perlu dijemur yang cukup, penjemuran sebaiknya dilakukan tiap hari sepanjang merpati tidak mengeram.
Penjemuran ini disamping meningkatkan kesehatan burung, juga bisa membakar lemak dan melenturkan bulu merpati, sehingga bulu menjadi terasa halus badan lebih ringan, sehingga merpati bisa terbang lebih tinggi.

Kawin.
Perkawinan merpati sebaiknya dilakukan sore atau nalam hari saja

Sekap di pagupon
Pagupon ini sebaiknya dibuat sedemikian rupa sehingga merpati tidak bisa kawin dalam pagupon.
Pagi hari burung dikeluarkan dari pagupon dan dijemur kurang lebih 2 – 3 jam dan sebaiknya burung tidak kawin.
Setelah selasai penjemuran burung ditaruh ditempat teduh, kurang lebih 5 menit baru merpati dikasih minum dan makan sedikit saja , next masukan kembali ke pagupon.
Sore atau malam hari burung dikasih makan dan minum dan biarkan burung kawin beberapa kali baru dimadukkan ke pagupon lagi. Dalam waktu 2 hari biasanya burung sudah giring keras atau keket keras.

Selamat mencoba & semoga Manfaat.

0 komentar:

Posting Komentar