Kamis, 01 November 2012

Bebas Asam Urat dengan Menu Sehat

Gaya hidup dan pola makan sehat bisa mencegah dan mengatasi asam urat. Pasalnya, pola makan yang tidak seimbang serta kurangnya aktivitas fisik menjadi pemicu utama timbulnya asam urat.

Apabila ingin bebas asam urat, kita mesti melakukan diet sehat, yaitu mengatur pola makan sehat. Yakni dengan mengacu kepada hal-hal berikut ini.
1. Membatasi asupan purin atau rendah purin
Yaitu, mengurangi konsumsi makanan yang berprotein tinggi. Asupan protein yang dianjurkan bagi penderita asam urat sekitar 50-70 gram bahan mentah per hari atau 0,8-1 gram/kg berat badan/hari.
2. Asupan energi sesuai dengan kebutuhan
Jumlah asupan energi harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh berdasarkan pada tinggi badan dan berat badan.
3. Mengonsumsi lebih banyak karbohidrat
Jenis karbohidrat yang dianjurkan untuk dikonsumsi penderita asam urat adalah karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks ini sebaiknya dikonsumsi tidak kurang dari 100 gram per hari, yaitu sekitar 65-75% dari kebutuhan energi total.
4. Mengurangi konsumsi lemak
Lemak bisa menghambat eksresi asam urat melalui urine. Makanan yang mengandung lemak tinggi sebaiknya dihindari. Konsumsi lemak sebaiknya hanya 10-15% dari kebutuhan energi total.
5. Mengonsumsi banyak cairan
Penderita rematik dan asam urat disarankan untuk mengonsumsi cairan minimum 2.5 liter atau 10 gelas sehari.
6. Tidak mengonsumsi minuman beralkohol
Alkohol akan meningkatkan asam laktat plasma. Asam laktat ini bisa menghambat pengeluaran asam urat dari tubuh.
7. Mengonsumsi cukup vitamin dan mineral
Konsumsi vitamin dan mineral yang cukup, sesuai dengan kebutuhan tubuh akan dapat mempertahankan kondisi kesehatan yang baik.
Selanjutnya, bagaimana membuat sajian makan diet sehat di atas untuk sehari-sehari dan bervariasi? Buku "Menu Sehat 30 Hari untuk Mencegah dan Mengatasi Asam Urat" ini menyajikan resep-resepnya bagi Anda secara mudah. Anda bisa membuat variasi makanan sehat bebas asam urat selama 30 hari.
Lina Ningdyar, SSR Gizi menulis resep-resep di dalam buku yang diterbitkan AgroMedia Pustaka menggunakan bahan-bahan yang sehat dari risiko asam urat. Ada 180 resep masakan yang bisa Anda buat yang meliputi makan pagi, makan siang, dan makan malam.
Selamat menjalani hidup sehat!

0 komentar:

Posting Komentar